Polres Majalengka – Untuk menekan penyebaran dan pengendalian virus Covid 19 dan Mendasar dari Intruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 serta Peraturan Daerah Jawa Barat Perbup nomor. 74 tahun 2020, Polsek Cikijing dengan dipimpin oleh Kapolsek Cikijing melaksanakan operasi Yustisi penegakan hukum dan pendisiplinan pemakaian masker di jalan utama Cikijing-Kuningan atau depan UPTD Puskesmas Cikijing, Jumat, (16/10/2020).

Kegiatan operasi Yustisi penegakan hukum tersebut dilaksanakan dengan penertiban dengan memberi sanksi atau hukuman terhadap pengguna jalan yang melewati jalur Cikijing-Kuningan baik yang menggunakan kendaraan Jenis Roda 4, Kendaaraan jenis Roda 2 dan warga yang tidak menggunakan masker. Hukuman atau sanksi yang berikan berupa push up dan teguran.

Menurut Kapolsek, hukuman fisik maupun administrasi ini sengaja diterapkan supaya memberikan efek jera dan akan mematuhi protokol kesehatan khususnya penggunaan masker saat keluar rumah sehingga bisa menekan penyebaran dan pengendalian Covid 19.

“Adanya operasi yustisi ini dapat merubah pola pikir warga bahwa masker bukan sekedar formalitas, akan tetapi sebagai pelindung diri dan juga orang lain dari paparan covid-19, hukumnya wajib.

Kapolsek Cikijing Kompol Toto Sumarto menerangkan bahwa kegiatan operasi Yustisi merupakan wujud keseriusan dalam pencegahan penyebaran dan pengendalian Covid 19, dan pelaksanaan operasi Yustisi akan dilaksanakan dengan lokasi yang berbeda dan operasi Yustisi tersebut guna memberikan rasa jera dan memberikan edukasi dan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam hal penggunaan masker sehingga bisa mencegah penyebaran dan pengendalian Covid 19, tukas Kompol Toto Sumarto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here