MAJALENGKA, Guna melihat kesiapan daerah dalam menuju tatanan baru “New Normal” di wilayah Kabupaten Majalengka, Forkopimda Majalengka mendampingi, Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Rudy Syupahriadi, Kasdam III Siliwangi Brigjen Kunto Arif Wibowo, Danrem 063/SGJ Kolonel Inf. Elkines Villando Dewangga, PJU Polda Jabar berkunjung ke Lokasi Kampung Tangguh Nusantara Lembur Tohaga Lodaya Desa Tangguh Raharja dalam rangka Lawan Covid-19 di Desa Liang Julang, Kecamatan Kadipaten Kabuapten Majalengka, Kamis (9/7/2020).

Kedatangan Kapolda Jabar dan Kasdam III Siliwangi Danrem 063/SGJ beserta rombongan disambut Bupati Majalengka Dr.H.Karna Sobahi, Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf.Harry Subarkah, Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso, PJU Polres Majalengka, Unsur Forkopimda Majalengka serta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Panen Raya dan Peninjauan Desa Tangguh Raharja yang dilaksanakan secara Virtual Dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis di bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto situasi Pandemi Covid-19 pada fase Adaptasi Kebiasaan baru/New Normal diwilayah Kabupaten Majalengka dan seluruh Se Indonesia.

Panen Raya Padi, Ikan dan Peninjauan Desa Tangguh Raharja sekaligus Launching Aplikasi Pencegahan Karhutla berbasis IT (E PMR) oleh Kapolda Jabar kemudian dilanjutkan dengan acara Panen Raya Padi, Ikan sekaligus Peninjauan Produk UMKM Majalengka, Aplikasi Pencegahan Karhutla berbasis I.T (E -PMR ), Tanaman Hidroponik, Tanaman Ketahanan Pangan, Ruang Isolasi, Puskesdes, Posluhdes, Gudang Sembako dan Dapur Umum.

Dalam rangka Panen Raya Kampung Tangguh Nusantara Lembur Tohaga Lodaya Desa Tangguh Raharja Lawan Covid-19 di Desa Liang Julang, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka dan Launching Aplikasi Pencegahan Karhutla berbasis IT (E-PMR) merupakan tindaklanjut arahan dari Kapolda Jabar menuju new normal dan ketahanan pangan. 

Disana, Kapolda Jabar dan Gubernur melihat kesiapan Lokasi Kampung Tangguh Nusantara Lembur Tohaga Lodaya Desa Tangguh Raharja di Desa Liang Julang, Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka dalam menghadapi dan mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), seperti adanya posko relawan, Pos Pelayanan Kesehatan, Tangguh Keamanan, Ruang Isolasi Covid-19, Dapur Umum, Home Industri dan Peternakan.

Dalam kesempatan tersebut Selain Peninjauan Kapolda Jabar, Kasdam III Siliwangi, Kapolres Majalengka, Bupati Majalengka memberikan sembako kepada warga Desa Liangjulang.

Kapolda Jabar yang diwakili Dir Binmas Polda Jabar Dir Binmas Polda Jabar Kombes Pol Drs. Yudhi Faizal Hambali didampingi Kapolres Majalengka mengatakan, Kampung Tangguh Nusantara ini merupakan program Presiden RI, Kapolri dan Panglima TNI yang kemudian diaplikasikan di  seluruh wilayah Indonesia. Untuk di Jawa Barat kampung tangguh lokasi di Desa Liangjulang Kabupaten Majalengka tersebut telah dilaunching dan diberikan namanya, menyesuaikan dengan kearifan lokal.

Terkait ketahanan pangan di Polda Jabar dilokasi Kabupaten Majalengka, Dir Binmas Polda Jabar mengatakan bahwa pihaknya dan jajaran TNI bersama dengan Forkopimda baik di tingkat Provinsi maupun tingkat daerah telah bekerjasama dan dari jajaran Polri telah menyiapkan bantuan untuk masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Ditempat terpisah Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso mengataka Panen Raya Kampung Tangguh Nusantara Lembur Tohaga Lodaya Desa Tangguh Raharja dalam rangka Lawan Covid-19 di Desa Liang Julang, Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka yang dilaksanakan secara Virtual Dipimpin langsung oleh Kapolri bersama Panglima TNI secara serentak se Indonesia.

Panen Raya Kampung Tangguh Nusantara Lembur Tohaga Lodaya Desa Tangguh Raharja
dengan Luas wilayah tanaman padi sekitar 8 Ha, Usia tanam 97 hari, Pemilik Warga Putat Barat dab tanah bengkok milik Pemerintah Desa, Padi jenis : Ciherang atau dikenal Impari 32 Bantuan bibit dari Pemerintah Desa dan kementerian pertanian, Hasil panen padi : 1 hektar bisa menghasilkan 5-6 ton padi dan Ikan yang dipanen Nila, emas, dan Lele Dumbo total 1 ton. tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here