Majalengka, Bertempat di Buper Berod Jalur Pendakian Apuy Taman Nasional Gunung Ciremai, Polres Majalengka menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Mendaki Gunung Aman dan Sehat di masa Pandemi Covid-19.

Dipimpin langsung oleh Kapolres Majalengka AKBP Syamsul Huda dengan didampingi oleh Kasat Binmas AKP Rudy Djunardi dan dihadiri langsung oleh Direktur Binmas Polda Jabar KOMBES Pol Supriyadi. Jum’at (05/02/2021).

Hadir dalam FGD ini Kapolsek Argapura AKP Sarjiyo, Sdr Jaja Suharja perwakilan dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Mitra Taman Nasional Gunung Ciremai dr. Egi Fadilah, Kelompok Cangehgar, Masyarakat Peduli Api dan Pokdar Kamtibmas Polres Majalengka.

Kapolres Majalengka menyampaikan Pemerintah memperhatikan dan memastikan seluruh tempat wisata outdoor dan wisata alam yang sering datangnya tamu dari dalam dan luar kota agar selalu aman.

“Tujuan dilaksanakan diskusi ini ialah agar didapatkan segala pemecahan masalah dari permasalahan dalam objek wisata. Agar selalu aman dari covid dan juga mendaki gunung sehat di masa pandemi Covid-19.” Ucap Kapolres.

Taman nasional akan menjelaskan sistem yang telah diberlakukan saat ini, dan kita akan diskusikan agar seluruh pendatang dan masyarakat tetap aman dan sehat di masa pandemi ini.

Sementara itu Direktur Binmas Polda Jabar Kombes Pol Supriyadi menyampaikan terkait Covid-19 dan perkembanganya di Jawa Barat serta memberikan penyampaian terkait bahaya dan pencegahan Covid-19.

Sdr Jaja Suharja selaku Kasub Sektor BTNGC menjelaskan sistem yang telah berlaku di TNGC dan menjelaskan kondisi alam di Taman Nasional Gunung Ciremai. Menerapkan dua protokol sekaligus yaitu protokol pendakian dan protokol kesehatan. Agar meminimalisir kecelakaan pendakian dan juga penyebaran Covid-19.

Selain itu tim kesehatan MPGC dr. Egi Fadilah menjelaskan seluruh protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi Covid-19 dalam jalur pendakian apuy ini yang juga dikolaborasikan dengan protokol pendakian yang berlaku di Taman Nasional Gunung Ciremai.

Kegiatan ditutup dengan tanya jawab antara peserta FGD dan narasumber mengenai Protokol Kesehatan dan Protokol Pendakian yang berlaku dan pemecahan masalah di jalur pendakian Apuy TNGC Kabupaten Majalengka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here