Polres Majalengka, Pada hari Jumat tanggal 28 Pebruari 2020 Pukul 09.20 Wib, Bertempat di Desa Leuweunghapit Blok Cikamangi Kecamatan Ligung Kabuapten Majalengka, telah di laksanakan kegiatan penyemprotan Masal pada tanaman padi yang terkena penyakit Blast/Kresek(busuk batang) a bersama Muspika, PPL Kecamatan Ligung Kabuapten Majalengka dan dari BBPOPT(balai besar peramalan organisme pengganggu tanaman) dari Jatisari Kabupaten Karawang Jawa Barat.

Giat gerakan penanggulangan hama/ penyemprotan dilakukan masyarakat setempat secara masal, hadir dalam giat tersebut Waka Polsek Ligung IPDA Basuki bersama Anggota, Tiem dari BBPTOPT ibu Umi dari Jatisari- Kerawang, Tiem PPL kecamatan Ligung, Tiem Kecamatan Ligung, Para Pamong Desa dan Masyarakat desa Leuweunghapit.

Salah satu penyakit yang sering menyerang pertanaman padi adalah penyakit Hawar Daun Bakteri (BLB) atau disebut penyakit Kresek.  Penyebab penyakit ini adalah bakteri gram negative Xanthomonas oryzae pv. oryzae yang secara ekonomis penyakit ini dapat menyebabkan kehilangan hasil yang cukup tinggi, terutama pada musim hujan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here