Polres majalengka, Maraknya korban penipuan penerimaan lowongan kerja di Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat terus bertambah dan bahkan sudah ada yang berani lapor ke pihak kepolisian.

Kali ini korban penipuan Moch Rizky Ajie Firdausy (23) warga blok Karanganyar Rt 012 Rw 004 Desa Talagawetan Kec Talaga Kabupaten Majalengka memberanikan diri lapor ke Polsek Talaga Polres Majalengka.

Menurut keterangan Kapolres Majalengka AKBP Noviana Tursanurohmad melalui Kapolsek Talaga AKP Eko Susilo, korban melaporkan pelaku penipuan AMS (50) warga Blok cipeucang II Desa Talagawetan Kecamatan Talaga Kab Majalengka.

Kronologis kejadian, lanjut dia pada hari Rabu 31 Januari 2018 sekira jam 15.30 Wib di blok Cipeucang II Desa Talaga Wetan Kecamatan Talaga kabupaten Majalengka diduga telah terjadi tindak pidana penipuan dan atau penggelapan terhadap korban yang dilakukan oleh terlapor AMS.

Asal mula kejadian bahwa sebelumnya pada hari dan tanggal lupa sekitar bulan Januari 2018 korban bersama saksi saudara Tedi Sudartono datang ke rumah saudara Nandang Kurniawan dan menanyakan adanya informasi perekrutan tenaga kerja.

Selanjutnya saudara Nandang membenarkan bahwa adanya perekrutan tenaga kerja tersebut yang akan dipekerjakan di Bandara Kertajati Kabupaten Majalengka dan selanjutnya saudara Nandang langsung mengantar korban ke rumah terlapor.

Selanjutnya terlapor menjelaskan prosedur perekrutan tenaga kerja tersebut di mana pelamar dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp1.800.000 (Satu juta delapan ratus ribu Rupiah) dan kemudian ketika akan berangkat pelatihan atau Diklat diminta lagi biaya sebesar Rp. 4.000.000 (Empat juta ribu rupiah) dan selanjutnya korban menyerahkan uang pendaftaran sebesar Rp. 1.800.000(Satu juta ribu rupih) kepada terlapor.

“Namun sampai sekarang tidak ada kepastian dan terlapor sudah dua kali menjanjikan untuk pemberangkatan pelatihan atau diklat namun gagal terus dan hingga sampai sekarang terakhir tanggal 30 Juli 2018 terlapor menjanjikan untuk pelatihan atau Diklat tapi gagal lagi Dan tidak ada kepastian dan dengan adanya kejadian tersebut korban melaporkan ke kantor Polsek Talaga,” ungkap AKP Eko Susilo.

AKP Eko mengungkapkan pihaknya mengamankan barang bukti dan saksi guna pengembangan kasus ini.

Informasi yang dihimpun di daerah Talaga Kabupaten Majalengka sudah ratusan korban penipuan perekrutan tenaga kerja di Bandara Kertajati dan tertipu mulai 3 juta hingga 15 juta rupiah dengan total mencapai kurang lebih 3 milyar rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here